Selasa, 09 Maret 2010

BAB 7

BAB : 7

Mengindentifikasi perangkat lunak lembar kerja (Worksheet) beserta fungsi ikon dan menunya.

Pada semua program aplikasi Microsoft Office terdpat program aplikasi spreadsheet yaitu Microsoft Excel . Ini digunakan untuk membantu dalam pengolahan angka-angka dalam untuk membantu menyelesaikan pekrjaan dalam berbagai bidang seperti administrasi, akuntansi, perbankan, statistik dan bisnis. Dan dilengkapi dengan kemampuan untuk menghitung dengan menggunakan rumus dan membuat grafik.

Seperti program pengolahan kata, kebanyakan program lembar kerja juga mempunyai kemampuan dasar untuk membantu proses membuat, mengedit, dan mengatur format lembar kerja yang salah satunya adalah Microsoft Excel.

Penggunaan program lembar kerja yaitu untuk :

ü Mengatur keuangan seperti perhitungan anggaran keungan dan biaya produksi.

ü Mengatur data dalama suatau daftar secara terurut.

A. Manfaat Program Lembar Kerja

Program lembar kerja mempunyai kemampuan dasar seperti untuk membuat,mengedit,dan mengatur format lembar kerja. Microsoft Excel XP merupakan salah satu program lembar kerja yang populer.

Microsoft Excel dapat digunakan untuk membantu dalam melakukan pengolahan angka-angka untuk membantu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan pada berbagai bidang. Microsoft Excel XP dilengkap dengan kemampuan untuk menghitung dengan menggunakan rumus dan membuat grafik. selain itu juga dilengkapi fasilitas hyperlink yang dapat digunakan untuk membuka dan mengaktifkan data atau informasi yang terdapat pada lembar kerja maupun file yang berbeda,bahkan pada web tertentu.

B. Mengaktifkan Program

Untuk mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan, misalnya melalui menu start pada taskbar, ikon pada desktop, ikon file dengan format.xls, atau mengetik EXCEL pada kotak dialog Run. Cara untuk mengaktifkannya melalui tombol start pada taskbar, kemudian pilih All programs dan Microsoft Excel.


Dalam Microsoft Excel terdapat beberapa menu yaitu menu file, edit, view, Insert, format, tools, data, windows, dan help. Untuk menggunakan fungsi-fungsi tersebut kita dapat mengarahkan mouse printer ke menu atau dengan menggunakan keyboard dengan mengklik tombol

“ Alt + “ atau “ Ctrl + “ .

Keterangan dari masing-masing menu :

ü MENU FILE

Menu File merupakan menu yang berisi perintah-perintah untuk mengolah buku kerja Microsoft Excel. Diantara perintah yang terdapat dalam menu File yaitu membuat dokumen atau lembar kerja baru dengan perintah NEW, membuka dokumen dengan perintah OPEN, menutup dokumen dengan perintah CLOSE, untuk pemyimpanan dokumen dengan perintah SAVE atau SAVE As, pemgaturan halaman dengan perintah PAGE SETUP, mengatur dan mencetak dengan perintah PRINT.

ü MENU EDIT

Menu Edit merupakan menu yang berisi perintah untuk melakukan beberapa perubahan pada dokumen atau lembar kerja yang sedang aktif. Diantara perintah yang ada dalam menu edit yaitu pembatalan perintah terakhir dengan perintah UNDO, pengulangan perintah terakhir dengan perintah REPEAT, pemotongan data dengan perintah CUT, penyalinan data dengan perintah COPY, untuk memindahkan penyalinan data dengan perintah PASTE, untuk menghapus suatu file dengan perintah DELETE dan yang lainnya.

ü MENU VIEW

Menu View merupakan menu yang berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan lingkungan dan lembar kerja pada Microsoft Excel. Perintah yang terdapat dalam menu View yaitu pengaturan tampilan lembar kerja, task pane, toolbar, formula bar, dan status bar, pembuatan header dan footer, pengaturan ukuran tampilan lembar kerja dan yang lannya.

ü MENU INSERT

Menu Insert merupakan menu yang berisi perintah-peintah yang diperlukan untuk melakukan penyisipan pada lembar kerja Microsoft Excel, baik berasal dari dalam maupun luar lingkungan Microsoft Excel. Perintahnya yaitu untuk menyisipkan atau menambahkan sel, baris, kolom, lembar kerja, grafik dan simbol. Selain itu, untuk melakukan perhitungan secara otomatis dan menyisipkan gambar.

ü MENU FORMAT

Menu Format merupakan suatu menu yang berisi kumpulan perintah yang digunakan mengatur dasar dari lembar kerja. Perintahnya yaitu untuk mengatur ukuran dan jenis huruf, format angka, warna, garis pembatas sel, baris, kolom dan pengaturan yang lainnya.

ü MENU TOOLS

Menu Tools berisi perintah-perintah yang digunakan untuk melakukan pengecekan ejaan, pengaturan workbook agar dapat digunakan oleh pengguna komputer lain dalam satu jaringan secara bersama-sama dan pengaturan setting program Microsoft Excel. Microsoft Excel dilengakpi dengan perintah protection, dimana perintah ini sangat berguna untuk melindungi data agar tidak dapat dilihat oleh orang lain selain yang berhak.

ü MENU DATA

Menu data terdiri atas perintah-perintah untuk pengolahan data yang terdapat pada lembar kerja. Perintah dalam menu ini yaitu untuk mengurutkan data dari yang terkecil sampai yang terbesar, menyaring data yang akan ditampilkan, menghitung nilai subtotal dan total, membuat tabel dan lainnya.

ü MENU WINDOWS

Menu Windows digunakan untuk mengatur jendela kerja dari Microsoft Excel yang sedang aktif. Salah satu perintahnya adalah ARRANGER untuk perngaturan letak, HIDE untuk menyembunyikan jendela Workbook.

ü MENU HELP

Menu Help merupakan menu yang digunakan sebagai menu bantuan untuk mencari informasi yang diperlukan pada saat bekerja dengan Microsoft Excel. Perintah yang terdapat di dalamnya yaitu ASSISTANT, WHAT’S THIS ? dan yang lainnya.

D. Ikon pada Microsoft Excel

Ikon-ikon diwakili dengan simbol atau gambar yang merupakan gambaran dari suatu perintah. Sebagai contoh, ikon print digambarkan dengan gambar printer. Ikon-ikon pada Microsoft Excel dikelompokkan dalam toolbar, dimana secara default toolbar yang ditampilkan oleh Microsoft Excel, yaitu toolbar Standard dan toolbar Formating yang terletak di bawah menu bar.
Ikon-ikon pada toolbar Standard terdiri dari fungsi-fungsi dasar dari Microsoft Excel.
toolbar Formating terdiri atas ikon-ikon yang berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah untuk mengatur format dasar dari dokumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar